Matematika merupakan ide-ide abstrak yang diberi
simbol-simbol, maka konsep matematika harus dipahami terlebih dahulu sebelum
memanipulasi simbol-simbol itu. Seseorang akan lebih mudah mempelajari
matematika apabila telah didasari pada apa yang telah dipelajari orang itu
sebelumnya. Karena untuk mempelajari suatu materi matematika yang baru,
pengalaman belajar yang lalu dari seseorang itu akan mempengaruhi terjadinya
proses belajar matematika tersebut.
Dalam dokumen Standar Kompetensi mata pelajaran matematika
untuk satuan SD dan MI pada kurikulum 2006 menyatakan tujuan pembelajaran
matematika adalah:
- Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan
sifat-sifatnya, serta menggunakan dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari.
- Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan
sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari.
- Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume,
sudut, waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikan dalam pemecahan
masalah sehari-hari.
- Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah sehari-hari.
- Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar
dan grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung,
modus, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah sehari-hari.
- Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
Dari
uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran matematika terletak
pada penataan nalar, pemecahan masalah, pembentukan sikap, dan keterampilan
dalam penerapan matematika.
Komentar
Posting Komentar