Slameto (2010:60) mengungkapakan indikator
lingkungan keluarga sebagai berikut:
1.
Cara orang tua mendidik.
Cara orang tua mendidik anaknya mempunyai
pengaruh yang besar terhadap belajar anaknya. Orang tua yang kurang atau tidak
memperhatikan pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam
belajarnya.
2.
Relasi antar anggota keluarga.
Relasi antar anggota keluarga yang paling
penting adalah antar orang tua dan anak. Hubungan yang baik adalah hubungan
yang penuh pengertian dan kasih sayang, disertai dengan bimbingan, reward dan
bila perlu hukuman jika anak melakukan pelanggaran atau kesalahan yang sudah
melebihi batas yang tujuannya untuk mensukseskan belajar anak itu sendiri.
3.
Suasana rumah.
Suasana rumah dimaksudkan sebagai situasi
atau kejadian-kejadian yang sering terjadi di dalam keluarga di mana anak
berada dan belajar. Suasana rumah yang ramai, tegang, penuh pertengkaran
antaranggota keluarga akan membuat anak tidak semangat dalam belajar sebaliknya
jika suasana rumah dalam keadaan baik, tentram, dan tenang anak akan merasa
nyaman dan dapat belajar dengan baik.
4.
Keadaan ekonomi keluarga.
Keadaan ekonomi keluarga erat hubungannya
dengan belajar anak. Anak yang sedang belajar selain harus terpenuhi kebutuhan
pokoknya, missal makan, pakaian, perlindungan kesehatan dan lain-lain, anak
juga membutuhkan fasilitas belajar seperti ruang belajar, meja, kursi,
penerangan, alat tulis menulis, buku-buku dan lain sebagainya. Fasilitas
belajar itu hanya dapat terpenuhi jika keluarga mempunyai cukup uang.
5.
Pengertian orang tua
Anak belajar perlu dorongan dan pengertian
orang tua. Kadang-kadang anak mengalami lemah semangat, orang tua wajib memberi
pengertian, mendorongnya dan membantu secepat mungkin kesulitan yang dialami
anak di sekolah.
6.
Latar belakang kebudayaan.
Tingkat pendidikan atau kebiasaan di dalam
keluaga mempengaruhi sikap anak dalam belajar. Perlu kepada anak ditanamkan
kebiasaan-kebiasaan yang baik, agar mendorong semangat anak dalam belajar.
keluarga merupakan sumber pendidikan utama. Karena segala
pengetahuan, dan kecerdasan intelektual manusia pertama kali dari orang tua dan
lingkungan keluargannya. Keluarga sebagai faktor pendorong dan pembimbing dalam
proses perkembangan anak, dan lingkungan pertama yang mulai memberi pengaruh
yang mendalam,anak memperoleh pendidikan yang mendasar dari berupa intelektual
dan sosial dari keluarga serta suasana rumah sangat mempengaruhi perkembangan
psikologis dan prestasi anak. Motivasi orang tua adalah faktor keberhasilan prestasi
pendidikan anak.
Komentar
Posting Komentar