Langsung ke konten utama

PERSOALAN MATEMATIKA

siswa SMA/MA sederajat dengan menggunakan sampel acak ada juga siswa yang merasa biasa saja pada saat mengikuti pelajaran matematika. Mereka terkadang merasa sulit saat mengerjakan persoalan matematika dan terkadang juga mereka merasa bisa menyelesaikan persoalan matematika tanpa hambatan.
Selain itu, peserta didik juga masih belum bisa menyimak pelajaran matematika yang disampaikan oleg guru dengan baik. Mereka terkadang mengerti apa yang disampaikan oleh guru dan terakadang juga terkadang tidak mengerti pada penjelasan guru. Banyak faktor yang mengakibatkan peserta didik  sulit menerima pelajaran diantaranya:
a.         Guru
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang mereka ikhlas membimbing dan mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan menjadi orang yang sukses di masa depan kelak. Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2010; 112) setiap guru mempunyai kepribadian masing-masing sesuai dengan latar belakang kehidupan sebelum mereka menjadi huru. Kepribadian guru diakui sebagai aspek  yang tidak bisa dikesampingkan dari kerangka keberhasilan belajar mengajar untuk menghantarkan peserta didik menjadi orang yang berilmu penegtahuan dan berkepribadian.
Begitu pentingnya peran guru terhadap pengaruh kemudahan siswa dalam menrima pelajaran. Guru harus berupaya sekuat tenaga untuk memberikan pemahaman yang baik kepada seluruh siswa yang mana kita tahu bahwa di setiap siswa itu berbeda tingkat kemampuan dalam menerima pelajaran. Ada siswa yang mudah dalam menerima pelajaran dan ada juga yang sedikit lama dalam menerima pelajaran dan guru harus bisa mengatasi semua hal tersebut.

b.    Peserta didik
Anak yang menyukai pelajaran tertentu dan kurang menyenangi pelajaran yang lain adalah perilaku anak yang bermula dari sikap mereka karena minat yang berlainan. Hal ini dipengaruhi kegiatan belajar anak. Biasanya pelajaran yang disenangi, dipelajari oleh anak dengan senang hati. Sebaliknya, pelajaran yang kurang disenangi jarang dipelajari oleh anak, sehingga tidak heran bila isi dari pelajaran itu kurang dikuasai oleh anak.
     Dengan banyak sekali siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, ini merupakan permasalahan yang besar sehingga siswa seakan-akan ingin menghindari pelajran matematika padahal matematika itu merupakan pelajaran yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Ketika siswa ditanya dalam kusioner yang saya buat tentang penambahan waktu belajar matematika, sebagian besar siswa menjawab mereka tidak ingin menambah waktu pelajaran matematika. Mereka malah berkeinginan untuk mengurangi waktu belajar matemika. Dari pernyataan diatas ini berarti sebagian besar siswa SMA/MA sederajat tidak menyukai pelajaran matematika dan itu bisa berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMBUATAN KECAP DAN FERMENTASINYA

Mikroba yang terlibat dalam pembuatan kecap : 1)       Aspergillus sp. dan Rhizopus sp Mula-mula kedelai difermentasi oleh kapang Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. menjadi semacam tempe kedelai. Kemudian “tempe” ini dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam. Garam merupakan senyawa yang selektif terhadap pertumbuhan mikroba. 2)       Zygosaccharomyces dan Lactobacillus Hanya mikroba tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut. Mikroba yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti khamir Zygosaccharomyces dan bakteri susu Lactobacillus . Mikroba ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, serta menghasilkan asam. Fermentasi terjadi jika kadar garam cukup tinggi, yaitu antara 15 sampai 20%. Proses pembuatan kecap dan fermentasinya          Proses pembuatan kecap dapat dilakukan...

6.1. Perluasan Kaidah Menghitung

kaidah perkalian dan kaidah penjumlahan diatas dapat diperluas hingga mengandung lebih dari dua buah percobaan. Jika n buah pecobaan masing- masing mempunyai p 1, p 2 ,……, p n   hasil percobaan yang mungkin terjadi yang dalam hal ini   setiap   p 1 tidak bergantung pada pilihan sebelumnya, maka jumlah hasil percobaan yang mungkin terjadi   adalah: a.        p 1 x p 2 x ….. x p n              untuk kaidah perkalian b.       p 1 + p 2 + ….. + p n          untuk kaidah penjumlahan Contoh 6.8 jika ada sepuluh pertanyaan yang masing-masing bisa dijawab benar atau salah (B atau S) berapakah kemungkinan kombinasi jawaban yang dapat dibuat? Penyelesaian: Andaikan 10 pertanyaan tersebut sebagai 10 buah kotak, masing-masing kotak hanya berisi 2 kemungkinan jawaban, B atau S: ...

BAHASA JAWA DAN HARAPAN

Kalau kita semua selama ini dalam berfikir tentang budaya dan bahasa Jawa, bisa dikatakan sangat sederhana, bahkan cenderung kita pandang sebelah mata. mari mulai sekarang kita ubah cara pandang tersebut. Setelah kita semua memahami, kalau didalam budaya Jawa banyak terdapat ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dikembangkan untuk kemaslahatan orang banyak, pastilah kita akan berusaha untuk mempelajari bahasa Jawa. Karena bahasa Jawa merupakan pintu untuk memasuki atau membuka sebuah “Rumah Besar” yang disebut budaya Jawa tersebut. Setelah cara pandang kita terhadap budaya dan bahasa Jawa lebih komprehensif, pastilah yang kita dapat tidak hanya sebuah pengakuan kearifan lokal atau lokal genius tapi akan ada pengakuan global genius . Sementara itu, ada beberapa kalangan yang berfikir tidak suka budaya dan bahasa Jawa karena dianggapnya ruwet dan terlalu banyak aturan. Padahal harus kita sadari, kalau semakin tinggi suatu peradaban, akan semakin banyak dan detil dalam membuat...