Prestasi belajar yang baik ditentukan
oleh bagaimana proses belajar dia untuk menuju hasil yang sesuai dengan gaya
belajarnya, anak dapat berkembang dengan lebih baik. Gaya belajar otomatis tergantung
dari orang yang belajar. Artinya, setiap orang mempunyai gaya belajar prestasi
yang baik tadi. Proses atau gaya belajar pasti berbeda-beda dan masing-masing
gaya belajar memiliki nilai positif dan negatif begitu juga dengan dampaknya
kepada orang tersebut dan di sekelilingnya. Memang betul ada pola belajar yang
tidak baik dan karena itu menghasilkan prestasi belajar yang buruk tetapi kalau
pola belajar baik sudah dijamin mendapat hasil yang memuaskan. Mutu pendidikan
yang pun juga mempengaruhi kelangsungan pola belajar seorang murid begitu juga
dengan lingkungan murid tersebut. Tetapi yang paling mempengaruhi pola belajar
terhadap prestasi belajar adalah murid itu sendiri. Jika dia punya motivasi
yang tinggi untuk mengembangkan pola belajar maka pola belajar tersebut akan
membaik dan hasil prestasinya pun juga akan membaik. Gaya belajar dapat
menentukan prestasi belajar anak. Jika diberikan strategi yang berbeda - beda.
keberhasilan
pembelajaran terletak pada pengenalan seseorang terhadap dirinya sendiri,
kesesuaian gaya mengajar dan gaya belajar, potensinya, dan konsekwensi yang
ditimbulkannya. Pengalaman di swedia dan selandia baru, sekolah yang telah
menerapkan gaya belajar menunjukkan perubahan, antara lain; disiplin membaik,
prestasi akademik meningkat, kerjasama staf juga lebih baik, komunikasi lebih
lancar, minat orang tua dalam pembelajaran meningkat. Kenyataannya, hampir
semua murid yang berprestasi rendah adalah murid yang gaya belajarnya tidak
cocok dengan gaya mengajar guru di sekolah.
Dalam buku dipaparkan 3 gaya belajar seseorang yaitu gaya visual, auditori atau kinestetik. Walaupun masing-masing dari kita belajar dengan menggunakan ketiga gaya ini pada tahapan tertentu, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara ketiganya"
Dalam buku dipaparkan 3 gaya belajar seseorang yaitu gaya visual, auditori atau kinestetik. Walaupun masing-masing dari kita belajar dengan menggunakan ketiga gaya ini pada tahapan tertentu, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara ketiganya"
Komentar
Posting Komentar