Langsung ke konten utama

Tugas Perkembangan Remaja

Setiap individu di dalam perkembangannya memiliki tugas-tugas perkembanagan yang harus dicapai pada setiap fasenya mulai dari fase bayi hingga lanjut usia. Hurlock (1981) dalam Syamsu Yusuf LN (2014:66) menyebutkan tugas-tugas perkembangan ini sebagai social expectations. Dalam arti setiap kelompok budaya mengharapkan anggotanya menguasai keterampilan tertentu yang penting dan memperoleh pola periaku yang disetujui bagi berbagai usia sepanjang rentang kehidupan.
     Selanjutnya Havighurst (1961) mengartikan tugas-tugas perkembangan sebagai berikut:
A developmental task is a task which arises at or about a certain period in the life of the individual, successful achievement of which leads to his happiness and to success with later task, while failure leads to un happiness in the individual, disapproval by society, and difficulty with later task.
Maksudnya, bahwa tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas berikutnya; sementara apabila gagal, maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat, dan kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas berikutnya (as cited in Syamsu Yusuf LN, 2014:65).
Adapun tugas-tugas perkembangan masa remaja, menurut Hurlock (1991) adalah berusaha: (as cited in Ali dan Asrori, 2014:10).
1.        Mampu menerima keadaan fisiknya;
2.        Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewasa
3.        Mampu membenina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis;
4.        Mencapai kemandirian emosional;
5.        Mencapai kemandirian ekonomi;
6.        Mengembangkan konsep dan keterampilan intelektual yang sangat diperlukan untuk peran sebagai anggota masyarakat;
7.        Memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai orang dewasa dan orangt tua;
8.        Mengembangkan perilaku tanggung jawab yang diperlukan untuk memasuki dunia dewasa;
9.        Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan;
10.    Memahami dan mempersiapkan begbagai tanggung jawab kehidupan berkeluarga.

       Dari pendapat Hurlock berkaitan tugas-tugas perkembangan pada remaja, salah satu tugas perkembangan remaja yaitu berusaha tercapainya kemandirian emosional.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMBUATAN KECAP DAN FERMENTASINYA

Mikroba yang terlibat dalam pembuatan kecap : 1)       Aspergillus sp. dan Rhizopus sp Mula-mula kedelai difermentasi oleh kapang Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. menjadi semacam tempe kedelai. Kemudian “tempe” ini dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam. Garam merupakan senyawa yang selektif terhadap pertumbuhan mikroba. 2)       Zygosaccharomyces dan Lactobacillus Hanya mikroba tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut. Mikroba yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti khamir Zygosaccharomyces dan bakteri susu Lactobacillus . Mikroba ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, serta menghasilkan asam. Fermentasi terjadi jika kadar garam cukup tinggi, yaitu antara 15 sampai 20%. Proses pembuatan kecap dan fermentasinya          Proses pembuatan kecap dapat dilakukan...

6.1. Perluasan Kaidah Menghitung

kaidah perkalian dan kaidah penjumlahan diatas dapat diperluas hingga mengandung lebih dari dua buah percobaan. Jika n buah pecobaan masing- masing mempunyai p 1, p 2 ,……, p n   hasil percobaan yang mungkin terjadi yang dalam hal ini   setiap   p 1 tidak bergantung pada pilihan sebelumnya, maka jumlah hasil percobaan yang mungkin terjadi   adalah: a.        p 1 x p 2 x ….. x p n              untuk kaidah perkalian b.       p 1 + p 2 + ….. + p n          untuk kaidah penjumlahan Contoh 6.8 jika ada sepuluh pertanyaan yang masing-masing bisa dijawab benar atau salah (B atau S) berapakah kemungkinan kombinasi jawaban yang dapat dibuat? Penyelesaian: Andaikan 10 pertanyaan tersebut sebagai 10 buah kotak, masing-masing kotak hanya berisi 2 kemungkinan jawaban, B atau S: ...

BAHASA JAWA DAN HARAPAN

Kalau kita semua selama ini dalam berfikir tentang budaya dan bahasa Jawa, bisa dikatakan sangat sederhana, bahkan cenderung kita pandang sebelah mata. mari mulai sekarang kita ubah cara pandang tersebut. Setelah kita semua memahami, kalau didalam budaya Jawa banyak terdapat ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dikembangkan untuk kemaslahatan orang banyak, pastilah kita akan berusaha untuk mempelajari bahasa Jawa. Karena bahasa Jawa merupakan pintu untuk memasuki atau membuka sebuah “Rumah Besar” yang disebut budaya Jawa tersebut. Setelah cara pandang kita terhadap budaya dan bahasa Jawa lebih komprehensif, pastilah yang kita dapat tidak hanya sebuah pengakuan kearifan lokal atau lokal genius tapi akan ada pengakuan global genius . Sementara itu, ada beberapa kalangan yang berfikir tidak suka budaya dan bahasa Jawa karena dianggapnya ruwet dan terlalu banyak aturan. Padahal harus kita sadari, kalau semakin tinggi suatu peradaban, akan semakin banyak dan detil dalam membuat...