Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman sekaligus keberhasilan belajar siswa ditinjau dari segi kemampuan
pendidikan adalah sebagai berikut:
a.
Tujuan
Tujuan
adalah pedoman sekaligus sebagai sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan
belajar mangajar. Perumusan tujuan akan
mempengaruhi kegiatan belajar siswa. Dalam hal ini tujuan yang dimaksud adalah
pembuatan Tujuan Intruksional Khusus (TIK) oleh guru yang berpedoman pada Tuhan
Instruksional Umum (TIU).
b.
Guru
Guru
adalah tenaga pendidik yang memberikan sejumlah ilmu pengetahuan pada peserta
didik diskolah. Guru adalah orang yang berpengalaman pada peserta didik
disekolah. Guru adalah orang yang berpengalaman dalam bidang profesinya. Di
dalam satu kelas peserta didik satu berbeda dengan lainya, untuk itu setiap
individu berbeda pada keberhasilan belajarnya.
Dalam
keadaan yang demikian ini seorang guru
dituntut untuk memberikan suatu pendekatan atau belajar yangs sesuai dengan
keadaan peserta didik, sehingga semua peserta akan mencapai tujuan pembelajaran
yang diharapkan.
c.
Peserta
Didik
Peserta
didik adalah orang yang sengaja datang ke sekolah untuk belajar bersama guru
dan teman sebayanya. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda, bakat, minat
dan potensi yang berbeda pula. Sehingga dalam satu kelas pasti terdiri
dari peserta didik yang bervariasi
karakteristik dan kepribadiannya.
Hal ini berakibat pada berbeda pula cara
penyerapan materi atau tingkat pemahaman setiap peserta didik. Dengan demikian
dapat diketahui bahwa peserta didik adalah unsur manusiawi yang mempengaruhi
kegiatan belajar mengajar sekaligus hasil belajar atau pemahaman peserta didik.
d.
Kegiatan
pengajaran
Kegiatan
pengajaran adalah proses terjadinya interaksi antara guru dengan peserta didik
dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pengajaran ini merujuk pada proses
pembelajaran yang diciptakan guru dan sangat dipengaruhi oleh bagaimana
keterampilan guru dalam mengolah kelas. Komponen-komponen tersebut meliputi,
pemilihan strategi pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar,
pembelajaran guru, dan sarana prasarana pendukung. Kesemuanya itu, akan sangat
menetukan kualitas belajar siswa. Dimana hal-hal tersebut jika dipilih dan
digunakan secara tepat, maka akan menciptakan suasana belajar yang PAKEMI
(Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan dan Inovatif).
e.
Suasana
Evaluasi
Keadaan
kelas yang tenang, aman, disiplin juga berpengaruh terhadap tingakat pemahaman
peserta didik pada materi (Soal) ujian yang sedang mereka kerjakan. Hal itu
berkaitan dengan konsentrasi dan kenyamanan siswa. Jika hasil belajar siswa
tinggi, maka tingkat keberhasilan proses belajar menagajar akan tinggi pula.
f.
Bahan
dan alat evaluasi
Bahan
dan alat evaluasi adalah satu komponen yang terdapat dalam kurikulum yang diguanakan untuk mengukur pemahaman
siswa, Alat evaluasi meliputi cara-cara dalam menyajikan bahan evaluasi,
miaslnya dengan memberikan butir soal bentuk benar-salah, pilihan ganda, menjodohkan,
dan esay.
Penguasaan secara
penuh (pemahaman) siswa tergantung pada bahan evaluasi atau soal yang di
berikan guru kepada siswa. Jika siswa telah mampu mengerjakan atau menjawab
bahan evaluasi dengan baik, maka siswa dapat dikatakan paham terhadap materi
yang telah diberikan.
Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2010; 109) faktor
lain yang mempengaruhi pemahaman atau keberhasilan belajar siswa adalah sebagai
berikut:
a.
Faktor
internal (dari diri sendiri)
1.
Faktor
jasmaniah (fisiologi) meliputi: keadaan panca indera yang sehat, sakit atau perkembangan yang
tidak sempurna.
2.
Faktor
Psikologis, meliputi: keintelektualan (kecerdasan), minat, bakat, dan potensi prestasi yang
dimiliki
3.
Faktor
pematangan fisik dan psikis
b.
Faktor
Eksternal (dari luar diri)
1.
Faktor
sosial meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan kelompok, dan lingkungan
masyarakat.
2. Faktor budaya meliputi: adat istiadat,
ilmu pengetahuan, teknologi,
dan kesenian.
Sumber :
Jannah, M. D. N. (2012). Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Penyederhanaan Pecahan dalam Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Mojo 04 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sumber :
Jannah, M. D. N. (2012). Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Penyederhanaan Pecahan dalam Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Mojo 04 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Bisa minta rujukannya
BalasHapusthanks
BalasHapusboleh minta sumber referensinya?
BalasHapusBoleh minta sumber referensinya gak min ?
BalasHapusBoleh minta sumber referensinya gak min ?
BalasHapusoiy
BalasHapusJannah, M. D. N. (2012). Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Penyederhanaan Pecahan dalam Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Mojo 04 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
BalasHapusMaaf atas ketidaknyamanannya, saya baru buka blog ini kembali. Dan baru tau adanya komentar. Semoga bermanfaat