a.
Fungsi Pengembangan Kurikulum.
Dalam aktivitas belajar mengajar
kedudukan kurikulum sangatlah penting, karena dengan kurikulum anak didik akan
memperoleh manfaat (benefits). Namun demikian, disamping kurikulum bermanfaat
bagi anak didik, ia juga mempunyai fungsi-fungsi lain yaitu.
b.
Fungsi Kurikulum dalam Rangka Pencapaian
Tujuan Pendidikan.
Kurikulum pada suatu sekolah merupakan
suatu alat atau usaha mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan sekolah.
Artinya bila tujuan yang dinginkan belum tercapai orang akan meninjau kembali
alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya dengan meninjau
kurikulumnya. Dalam pencapaian tujuan pendidikan yang dicita-citakan,
tujuan-tujuan tersebut mesti dicapai secara bertingkat dan saling mendukung,
sedang keberadaan kurikulum disini adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan.
c.
Fungsi Kurikulum bagi Anak Didik.
Keberadaan kurikulum sebagai organisasi
belajar tersusun yaitu suatu persiapan bagi anak didik. Anak didik diharapkan
mendapat sejumlah pengalaman baru yang dikemudian hari dapat dikembangkan
seirama dengan perkembangan anak, agar dapat memenuhi bekal hidupnya nanti.
Sebagai alat dalam mencapai tujuan
pendidikan, kurikulum diharapkan mampu menawarkan program-program pada anak
didik yang akan hidup pada zamannya, dengan latar belakang sosio historis dan
kultural yang berbeda.
d.
Fungsi Kurikulum bagi Pendidik.
Guru merupakan pendidik profesional yang
secara implisit telah siap untuk memikul sebagian tanggung jawab pendidikan
yang ada di pundak para orang tua. Adapun fungsi kurikulum bagi guru / pendidik
adalah Sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisasi pengalaman
belajar pada anak didik,Sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi terhadap
perkembangan anak didik dalam rangka menyerap sejumlah pengalaman yang
diberikan.
Dengan adanya kurikulum sudah tentu
tugas guru sebagai pengajar dan pendidik lebih terarah. Pendidik merupakan
salah satu faktor yang sangat menentukan dan sangat penting dalam proses
pendidikan dan merupakan salah satu komponen yang berinteraksi secara aktif
dengan anak didik dalam pendidikan.
Kurikulum merupakan alat mencapai tujuan
pendidikan yang diharapkan dapat meringankan sebagian tugas pendidik dalam
proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, karena itu kurikulum
mempunyai fungsi sebagai pedoman. Pedoman yang dijadikan alat untuk mencapai
tujuan pendidikan, karena memuat tentang jenis-jenis program apa yang
dilaksanakan di sekolah, bagaimana menyelenggarakan jenis program, siapa yang bertanggung
jawab dalam pelaksanaannya dan perlengkapan apa yang dibutuhkan.
e.
Fungsi Kurikulum bagi Kepala Sekolah.
Kepala Sekolah merupakan administrator
dan supervisor yang mempunyai tanggung jawab terhadap kurikulum. Fungsi
kurikulum bagi Kepala Sekolah dan para pembina lain adalah Sebagai pedoman
dalam supervisi memperbaiki situasi belajar, Sebagai pedoman dalam supervisi
menciptakan situasi belajar anak ke arah yang lebih baik, Sebagai pedoman dalam
supervisi kepada guru, Sebagai pedoman dalam administrator, Sebagai pedoman
dalam mengadakan evaluasi atas kemajuan belajar.
f.
Fungsi Kurikulum bagi Orang Tua
Kurikulum
difungsikan sebagai bentuk partisipasi orang tua dalam membantu usaha sekolah
memajukan putra-putrinya. Dengan membaca dan memahami kurikulum sekolah, orang
tua dapat mengetahui pengalaman belajar yang dibutuhkan anak mereka sehingga
partisipasi orang tua pun tidak kalah penting dalam menyukseskan proses belajar
mengajar di sekolah.
g.
Fungsi bagi Sekolah Tingkat Atas nya.
Fungsi
kurikulum dalam hal ini dibagi menjadi dua, yaitu
1) Pemeliharaan
keseimbangan proses pendidikan. Pemahaman kurikulum yang digunakan oleh suatu
sekolah pada tingkat diatasnya dapat melakukan penyesuaian di dalam kurikulum,
misalnya Jika sebagian kurikulum sekolah bersangkutan telah diajarkan pada
sekolah dibawahnya, sekolah dapat meninjau kembali perlu tidaknya bagian
tersebut diajarkan. Jika ketrampilan tertentu diperlukan dalam mempelajari
kurikulum suatu sekolah belum diajarkan pada sekolah dibawahnya, sekolah dapat
mempertimbangkan masuknya program ketrampilan ke dalam kurikulum.
2) Penyiapan
tenaga baru.
Jika suatu sekolah
berfungsi menyiapkan tenaga pendidik bagi sekolah yang berada dibawahnya, perlu
sekali sekolah tersebut memahami kurikulum sekolah yang berada dibawahnya
h.
Fungsi bagi Masyarakat dan Pemakai
Lulusan Sekolah.
Dengan mengetahui kurikulum suatu
sekolah, masyarakat, sebagai pemakai kelulusan dapat melaksanakan Ikut
memberikan kontribusi dan memperlancar pelaksanaan program pendidikan yang
membutuhkan kerja sama dengan pihak orang tua dan masyarakat, Ikut memberikan
kritik dan saran kontruktif dan penyempurnaan program pendidikan sekolah.
Komentar
Posting Komentar