·
Beri kesempatan yang sama kepada setiap
anak untuk menjawab. Jangan
ikuti urutan tempat duduk atau daftar nama. Sering anak-anak tertentu banyak
diberi pertanyaan, ada pula yang hampir
tidak pernah ditanya.
Hal
ini juga didasarkan pada pendapat Keadilan menurut John Raws (Priyono,
1993: 35), adalah ukuran yang harus diberikan untuk mencapai keseimbangan
antara kepentingan pribadi dan kepentingan bersama. Ada tiga prinsip keadilan
yaitu : (1) kebebasan yang sama yang sebesar-besarnya, (2) perbedaan, (3)
persamaan yang adil atas kesempatan.
·
Beri waktu secukupnya untuk berpikir
sebelum menjawab.
·
Jangan desak-desak murid yang menyatakan
bahwa ia tidak dapat menjawab pertanyaan. Pindahkan pertanyaan itu untuk anak
yang lain, agar jangan memalukan anak yang bersangkutan.
·
Ada kalanya guru memberi pertanyaan
kepada siswa yang tidak memperhatikan agar bisa kembali konsentrasi ke
pelajaran. Tetapi cara ini tidak boleh dijadikan suatu kebiasaan dalam
mengembalikan konsentrasi anak.
Komentar
Posting Komentar