Satu
pertimbangan penting dalam proses belajar mengajar matematika adalah menjaga
disiplin siswa. Masalah disiplin adalah penyebab utama dari ketidakefektifan
guru dan banyak guru yang meninggalkan profesi guru melakukannya karena mereka
tidak mampu untuk menjaga lingkungan disiplin kelas. Salah satu perhatian utama
untuk berpengalaman guru berpengalaman adalah kemampuan mereka untuk
mempertahankan disiplin siswa di dalam kelas mereka. Guru siswa yang sangat
peduli dengan kemungkinan masalah disiplin. Secara umum, disiplin kelas
melibatkan melakukan kegiatan yang bermanfaat di setiap sesi kelas sehingga
siswa dapat belajar matematika dengan cara yang efisien dan efektif. Dalam guru
bukunya dan anak, haim ginnot (1972) menggunakan anecdot berikut ini untuk
menggambarkan pendekatan suara untuk menangani masalah disiplin potensial.
Seorang
guru hendak memberikan pelajaran pertamanya di sebuah sekolah untuk anak
laki-laki tunggakan. Dia sangat khawatir. Keberhasilan dan kegagalan bergantung
pada pertemuan pertama ini. Sebagai guru berjalan cepat ke mejanya, ia
tersandung dan jatuh. Kelas meraung dalam tawa lucu. Guru naik perlahan berdiri
tegak dan mengatakan "ini pelajaran pertamaku untukmu. Seseorang dapat
jatuh dan membuat malu dirinya namun dapat berdiri dan bangkit lagi hening.
Kemudian datang tepuk tangan. Pesan diterima.
Komentar
Posting Komentar